Pembuatan Makalah/Proposal Dengan Menggunakan Google Dokumen
Google Dokumen merupakan salah satu bagian dari Google docs yang memiliki kegunaan sama dengan Microsoft Word. Bedanya google dokumen merupakan layanan gratis yang disediakan google tanpa perlu dilakukan penginstallan terlebih dahulu yang hanya dapat digunakan secara online. Dengan artian kata google dokumen hanya bisa digunakan jika terhubung dengan internet. Sedangkan Microsoft Word harus diinstal terlebih dahulu dan dapat digunakan kapan pun dan dimana pun hanya untuk satu komputer tanpa harus terhubung ke internet. Tetapi dokumen yang dibuat di Microsoft Word harus disimpan secara manual ini bisa menjadi masalah ketika komputer mati tiba-tiba ketika sedang menyelesaikan suatu pekerjaan yang belum selesai disimpan. Beda dengan google dokumen yang bisa digunakan kapanpun dan di manapun tanpa tergantung pada satu komputer yang bisa menyimpan data secara otomatis bahkan setiap perubahan yang dilakukan akan langsung tersimpan.
Dengan Google Dokumen, kita bisa mengerjakan suatu tugas dengan teman-teman sekelompok kita tanpa harus bertemu langsung. Google Dokumen memberikan kemudahan kepada penggunanya bahwa dalam membuat suatu dokumen bisa dikerjakan oleh banyak orang serta bisa dikomentari dan dilihat orang lain yang diperbolehkan.
Cara Membuka Google Dokumen
1. Langkah pertama adalah membuka Gmail dengan akun yang sudah anda punya sebelumnya.
2. Masukan Alamat e-mail dan password yang dimiliki lalu “NEXT”.
3. Jika sudah muncul tampilan awal Gmail, maka pilih “Drive” di pojok kanan atas.
Atau kamu juga bisa langsung ke alamat “https://drive.google.com”.
Lalu klik “BARU” atau “DRIVE SAYA”. Kemudian pilih “GOOGLE DOKUMEN”.
4. Setelah itu, maka akan muncul tampilan seperti ini, barulah kita bisa mengetik apa yang ingin kita buat. Jangan lupa untuk mengetik judul dokumen pada “Dokumen tanpa judul”.
5. Ketika anda membuat dokumen, anda bisa menentukan mode edit dengan memilih salah satu pilihan pada “Pengeditan”.
6. Untuk menambahkan komentar, kamu bisa mengklik “Komentar” atau “Tambahkan komentar”
Maka akan muncul kolom seperti di bawah ini.
Di kolom tersebut kita bisa berbalas komentar dengan orang yang kita izinkan, yaitu orang yang menerima dokumen yang kita bagikan.
7. Kita bisa membagikan dokumen dengan orang-orang yang kita inginkan dengan mengklik “Bagikan”. Lalu masukkan alamat e-mail orang yang akan menerima dokumen kita. Tentukan siapa yang bisa mengedit, mengomentari, dan melihat dokumen tersebut dengan memilih pilihan yang terdapat pada tanda pensil. Klik “lanjutan”.
Kemudian pilih ketentuan yang berhubungan dengan orang yang menerima dokumen yang dibagikan sesuai keinginan kamu. Klik “KIRIM”.
Selanjutnya, pada setelan pemilik pilih ketentuan yang tidak boleh dilakukan oleh orang yang menerima dokumen yang kita bagikan. Lalu pilih “ Simpan perubahan”.
Terakhir klik “Selesai”.
8. Setelah itu kamu bisa menyelesaikan dokumen/pekerjaanmu dengan bantuan teman-teman yang kamu perbolehkan.
Oke, demikianlah penjelasan singkat tentang penggunaan google dokumen. Semoga bermanfaat dan bisa membantu kamu dalam menggunakan google dokumen.
0 komentar:
Posting Komentar